Sabtu, 24 November 2012

MENGHADAPI PEKERJAAN YANG TERTUMPUK




Menunda pekerjaan.
Menyenangkan sekali ya menunda pekerjaan itu... Dan mencari alasan untuk menunda pekerjaan sungguh mudah juga. Apalagi ditambah letih dan malas, godaan setan -agar meninggalkan pekerjaan lalu beralih untuk kegiatan lain- semakin kuat saja.

Biasanya orang yang menunda pekerjaan ini membohongi dirinya sendiri. Ia memaksakan alasan yang pada saat itu terasa logis, daaan tidak begitu saat dia tersadar bahwa... Pekerjaan yang ia tinggalkan menuntut untuk segera diselesaikan.   Apa lagi..... Ia tidak hanya meninggalkan satu pekerjaan saja, tapi pekerjaan yang jauh2 hari sudah menjadi kewajibannya, ditunda juga!  "nyesel deh tadi males-malesan" Hem.. kalimat yang biasanya muncul di ending.

Ini dilema pelajar diakhir semester. Tugas sekolah tertumpuk... materi pelajaran juga macet ke kepala... godaan game, internet, tv, komik, semakin sulit.
Aduh... memang harus segera insyaf ya, pelajar-pelajar. Soalnya mengerikan sekali waktu kita dijerat dan harus menyelesaikan semua tugas dalam waktu singkat -waktunya singkat karena sebentar lagi deadline tugas- sebentar lagi karena penyesalan selalu muncul belakangan- itu pepatahnya.
Cemas, merasa harus segera melakukan sesuatu, tapi terus dicekoki dengan pikiran "ah... nanti aja" atau "masih ada waktu kok.." wah sungguh mengerikan saat-saat seperti itu. -_-

Hem. Mungkin ini sedikit tips buat yang lagi dilema tugas tertumpuk.

  1. TINGGALKAN
    Tinggalkan segala pekerjaan yang membuat kamu harus menomor-duakan kewajiban mu. 
  2. CUCI MUKA
    InsyaAllah, fikiran dan mood lebih segar kalau sudah cuci muka.
  3.  MOHON AMPUN
    Mohon ampun pada Tuhan. Menunda pekerjaan itu nggak baik dan saya rasa dilarang oleh semua agama. minta izin pada Dia Yang Maha Pemurah , dan bila diizinkan kita diberi kemudahan.
  4. LIST
    Ambil kertas dan pena, tulis angka 1 di sudut kiri atas, lalu mulailah menulis pekerjaan pertama. hem... apa lagi ya. Tulis pekerjaan kedua, ketiga, semuanya yang kamu tumpuk.
  5. PETA PEKERJAAN
    Lalu buat peta pekerjaan. Peta ini mirip timeline facebook, tapi kegiatannya belum terealisasi. Cara membuatnya terserah kreasi kamu. Contohnya gini nih...


 benar-benar rahmat-Nya deh bila kamu masih diberi waktu libur sekolah. waktu lapang ini bisa digunakan untuk menyelamatkan kamu di masa sempit nanti. jadi, liburan bisa dipakai untuk membuat bekal seeebanyak-banyaknya. jadi, manfaatkan waktu libur itu ssseefekti-efektif mungkkiiinnnn.
Kalau "selamatkan" itu maksudnya materi pelajaran yang macet ke kepala tadi, catatan yang belum lengkap, diselamatkan biar nanti waktu ujan semester tidak kewalahan.

6. PATUH
Ok? Lakukan pekerjaan mu hari ini. besok, lalukan juga tugas untuk besok. lusa, lakukan tugas untuk lusa. intinya hanya PATUH.

nah.. sekarang, yang sedang dilanda dilema pekerjaan tertumpuk, mari tinggalkan kompi, hp, atau apapun yang kamu gunakan untuk membaca blog ini. mulailaah..

26 komentar:

  1. nice tips amoyjreng :)) I'll try~

    BalasHapus
  2. trattt..ta..ta..ta.. :D
    memikirkan semua pekerjaan yang tertumpuk itu penting, tapi lebih penting menyelesaikan tumpukan pekerjaan itu satu persatu hingga selesai,,, :)
    semangaRt... salam olah raga

    BalasHapus
  3. hm...
    males ngerjain x klo udh numpuk miii
    hehe

    BalasHapus
  4. makasih tips nya ya mi...
    sangat berguna bgi masa depan :)

    BalasHapus
  5. ciyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeh.... ga bagus di tiru nihh!!! :D

    BalasHapus
  6. bagus cc tips2 ny...
    bsk2 ni lh dik cba :D hhe

    BalasHapus
  7. mkasih ami tipsnya :D, keren ...

    BalasHapus
  8. amiiii, wk ado banyak tugas kini mi, baa tipsnyo supaya tugas tu selesai dengan tenang???

    BalasHapus
    Balasan
    1. hemm mungkin yg di atas itu tips dr ami rahmat...
      berikutnya untuk ketenangan, konsultasi aja sm Yang Mnciptakan rahmat, ;)
      curhat habis shalat. hehe...

      Hapus
  9. jangan lupa follow dan comment di
    http://rahmat-landbouw.blogspot.com/

    BalasHapus
  10. peta pekerjaan ide yang bagus me,bisa ditambah kreasi kreasi kita juga kan ,haha makasih informasinya ami :D

    BalasHapus
  11. Susah banget me, udah pernah coba buat peta, tapi seteang selalu menggannggu untuk menunda tugas, tapi tips ami boleh tuh!
    Nice post!



    Komen balik myblog ya, mutiarahmacimuik.blogspot.com

    BalasHapus
  12. aaaaaaaaaaaaa....
    gak bisa mi,, susah bangett ........
    udah buat peta paddaaahal -,-
    tapi tips nya bagus lo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbenarnya intinya cuma patuh kok dya, :D
      kalau patuh insyaAllah bisa.

      Hapus