Kamis, 30 Desember 2010

Mengganti Foto pada Uang dengan Photoshop

Kali ini saya ingin berbagi tentang pengetahuan saya yang amat sedikit tentang Photoshop. Ya memang sedikit sekali sih... terbukti dari hasil editan foto yang kurang berkelas ini. Haha. -_- Tetapi saya harap ilmu saya bisa bermanfaat buat teman-teman semua. Tentunya ilmu yang saya berikan ini bisa bermanfaat buat teman-teman sesama beginner. Karena tutorial dibawah akan memperkenalkan beberapa tool umum yangs ering dipakai pada photoshop. Nah, dengan tidak usah berbasa-basi lebih lanjut, ayo kita masuk ke pokok bahasan. :). Kita akan mengganti foto I Gusti Ngurahrai pada uang 50000 jadi foto anda, teman anda, atau siapa saja.

  1. Buka photoshopnya.
    Di sini saya pakai versi cs3.
  2. Pilih menu file>> open>> buka foto uangnya. Pilih file lagi >>open>> buka foto anda. Entah kenapa saya memilih foto Justin Bieber.
    tampilan akan seperti ini...
  3. Klik move tool, lalu tarik gambar Justin ke gambar uang.
  4. Sekarang, kita akan menhgunakan jurus memotong-motong! Caranya,tekan huruf L, sehingga kita mendapat senjata yang bentuknya seperti ini (polygonal lasso tool)
  5.  Pisahkan Justin dengan background di belakang Justing dengan menggunakan polygonal lasso tool. 
  6.  Hasilnya seperti ini...


  7. Pilih menu edit>>clear. Lalu tekan Ctrl+D.
    hasilnya akan seperti ini...
  8. Berikutnya, klik menu image>>adjustments>>black&white
    Beri tanda centang di Tint.
    Atur hue dan saturationnya sehingga foto Justin sewarna dengan gambar uang.
  9. Klik ok
  10. Kalau sudah, kita turunkan opacity menjadi 50%

  11. Sekarang tinggal memotong bagian foto Justin yang menghalangi tulisan "lima puluh ribu rupiah". Gunakan polygonal lasso tool seperti biasa. Caranya sama dengan yang nomor 5-6 tadi.
  12. Kalau bidang seleksinya sudah selesai, klik edit>> clear, lalu tekan Ctrl+D.
  13. Naikkan kembali opacity menjadi 100%, dan... Selesai...! :D ini nih hasilnya...

  14. untuk me-save, klik dulu layer>>merge visible. sebaiknya simpan gambar dengan format JPEG
  15. Terakhir, jangan lupa tinggalkan komentar ya. Semoga bermanfaat. :)

5 komentar: